2023, Program Laptop Gratis Dilanjutkan

Koran Kaltara, 28 Januari 2022

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Pemerintah Kabupaten Tana Tidung akan melanjutkan bantuan laptop gratis di tahun 2023.

Bantuan laptop gratis tahun depan sebagai bagian dari program satu guru satu laptop.

Sebagaimana diketahui, tahun ini baru direalisasikan 156 unit dari target pengadaan total sekitar 560 guru di Tana Tidung.

“Penyerahan laptop keseluruhan diperkirakan selesai hingga tahun 2023 mendatang. Karena setidaknya ada sekitar 560 guru yang harus diberikan laptop gratis,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Tana Tidung, Jafar Sidik, Kamis (27/1/2022).

Kendati demikian, ia mengungkapkan jika tidak semua guru mendapat bantuan laptop yang dimaksud. Disdik Tana Tidung sudah menyusun klasifikasi kriteria penerimanya.

“Jadi tidak semua guru itu dikasih. Kami lihat guru-guru yang memang bisa mengoperasikan laptopnya dulu,” imbuhnya.

Sama halnya dengan itu, bantuan bis untuk sekolah juga akan terus dilanjutkan. Nantinya Disdik akan melihat dan menunggu usulan kebutuhan dari masing-masing sekolah.

“Nanti kami lihat untuk bis bagaimana. Kalau memang sekolah membutuhkan, kami bisa anggarkan nanti,” jelasnya.

Jafar berharap bantuan laptop dapat digunakan untuk mendukung kinerja para guru di Tana Tidung. Utamanya yang berkaitan dengan digitalisasi dan perkembangan teknologi.

“Harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan sampai laptop itu disalahgunakan, apalagi dibawa ke hilir ke hulu tapi tidak bermanfaat,” papar Jafar.

Sebelumnya, pemberian bantuan laptop diketahui menjadi salah satu realisasi janji politik Ibrahim Ali dan Hendrik.

Dimana dalam program prioritas KTT Pintar direncanakan memfasilitasi tenaga pengajar dengan laptop untuk menunjang kinerjanya.

Program KTT Pintar sendiri hendak mencapai indeks pendidikan dari 62,38 di tahun 2021 menjadi 65,11 di tahun 2026. Melalui perhatian di bidang pendidikan, pasangan Ibrahim Ali dan Hendrik optimis mewujudkan Tana Tidung yang bermartabat, sejahtera, indah dan humanis.

Selain penyaluran bantuan laptop tahun ini, Pemkab Tana Tidung juga telah mengimplementasikan dalam bentuk beasiswa kuliah, bantuan perlengkapan sekolah, taman baca integratif, ajang/lomba kreatifitas guru dan siswa serta literasi berbasis inklusi sosial.

Lebih detail, bantuan beasiswa yang diberikan tahun lalu senilai Rp1 miliar. Dana ini disalurkan melalui Dewan Pendidikan Tana Tidung untuk dikelola untuk 200 mahasiswa. Setiap penerima bantuan mendapat dana beasiswa senilai Rp5 juta.

Selain beasiswa, Pemkab Tana Tidung juga telah memberikan perlengkapan sekolah sejak 6 September 2021.

Mulai dari seragam sekolah, tas, sepatu dan lainnya. Ini diberikan untuk pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari