Dorong Peran Stakeholder Dalam Pembangunan, BPK Luncurkan BPKawan Muda

BPK Kaltara mendorong peran aktif stakeholder untuk menciptakan pemeriksaan yang lebih berkualitas, terutama mahasiswa dengan menyelenggarakan kegiatan barunya yaitu BPK Kawan Maju Untuk Daerah atau BPKawan MUDA pada hari Senin, 8 Oktober 2021. Aspirasi kritis mahasiswa diharapkan mampu mendorong pembangunan yang berkualitas bagi kesejahteraan masyarakat di Provinsi Kaltara .

BPKawan Muda merupakan kegiatan diskusi dengan mahasiswa sebagai Stakeholder muda Kaltara untuk mengenal BPK Kaltara lebih dekat dilanjutkan sharing pendapat terkait agenda pembangunan Pemerintah dan bedah buku untuk meningkatkan literasi.  Pada kegiatan perdananya, BPKawan MUDA diselenggarakan di Perpustakaan Khusus dan Ruang Publik Anti Gratifikasi Anti Suap (RUPAGAS) BPK Kaltara dan dihadiri oleh Mahasiswi dari STIE Bulungan Kota Tarakan.

Kepala Subbagian Humas dan TU, Ajie Amiseno, menyampaikan bahwa “Pada dasarnya, ada 5 tujuan dari BPKawan Muda yaitu memperkenalkan tugas dan fungsi BPK Kaltara, meningkatkan peran mahasiswa dalam pengawalan agenda pembangunan, memperkenalkan perpustakaan khusus BPK dalam rangka meningkatkan literasi dan riset di bidang pengelolaan keuangan negara, untuk peningkatan kesetaraan gender sehingga seluruh pesertanya merupakan mahasiswi dan yang terkahir yang tak kalah penting adalah sebagai sarana pemerolehan informasi untuk bahan penyusunan tema pemeriksaan ”.

Dalam penyelenggaraannya, BPK Kaltara menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Kepala Subbagian Humas dan TU, Ajie Amiseno menyampaikan bahwa seluruh peserta harus mengikuti pemeriksaan suhu dan swab antigen. Ajie juga  menambahkan bahwa acara acara tersebut menerapkan protokol jaga jarak sehingga BPK menggunakan dua ruangan sekaligus yaitu Perpustakaan dan RUPAGAS. Bahkan, kegiatan tersebut juga menyediakan akses secara daring melalui aplikasi Zoom. “Penting menjaga kesehatan para mahasiswi yang telah berupaya menyalurkan aspirasinya bagi kami, oleh karena itu kami harus menjaga kesehatan mereka” pungkasnya.

“Suatu kebanggaan bagi kami bisa diundang menghadiri dan berpartisipasi pada acara ini. Sangat menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan. Semoga BPK bisa membangun Indonesia menjadi lebih baik lagimelalui pemeriksaan yang lebih berkualitas,” ungkap salah satu peserta saat ditanya tentang kesan dan pesannya terhadap kegiatan BPKawan Muda BPK Kaltara.