Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Utara

Kamis, 1 Agustus 2024, Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara menyelenggarakan acara Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan dari Ruben Artia Lumbantoruan M.Si, Ak., CA, ACPA, CSFA, ERMAP, CDCP, CertDA, CFrA, CSCU, CertIA kepada Hery Purwanto S.E., M.M., Ak., CA, CSFA di Gedung Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara, yang disaksikan oleh Anggota VI BPK RI,  Prof. Dr. Pius Lustrilanang S.IP., M.Si., CSFA, CFrA, selaku Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara VI. Turut juga hadir Forkopimda tingkat Provinsi Kalimantan Utara, seluruh kepala daerah di wilayah Kalimantan Utara, pimpinan instansi vertikal, pejabat struktural dalam wilayah BPK Perwakilan Utara, serta tamu undangan lainnya.
Gubernur Kalimantan Utara, Brigjen. Pol. (Purn.) Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas Pengelolaan Keuangan Daerah. Beliau juga mengucapkan selamat dan terima kasih melanjutkan tugas kepada Ruben Artia Lumbantoruan M.Si, Ak., CA, ACPA, CSFA, ERMAP, CDCP, CertDA, CFrA, CSCU, CertIA  dan mengucapkan selamat datang kepada Hery Purwanto S.E., M.M., Ak., CA, CSFA di Kalimantan Utara. Gubernur Kalimantan Utara berharap dengan kepemimpinan yang baru, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara akan semakin berperan aktif dalam mengawal pengelolaan keuangan daerah di Provinsi Kalimantan Utara.
Pada sambutannya Anggota VI menyampaikan empat hal untuk menjadi perhatian bersama. Yang pertama, BPK terus berupaya untuk meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan nasional melalui pemeriksaan keuangan negara. Kedua, Saat ini, tuntutan masyarakat kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam hal transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan semakin meningkat. Hal yang ketiga BPK berkepentingan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas  pemeriksaan kinerja. Hal terakhir, sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, BPK telah merespon dengan pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi dalam melaksanakan pemeriksaannya.
Beliau juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Ruben Artia Lumbantoruan M.Si, Ak., CA, ACPA, CSFA, ERMAP, CDCP, CertDA, CFrA, CSCU, CertIA atas kontribusi terbaiknya untuk BPK selama menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Utara.
Kepada Hery Purwanto S.E., M.M., Ak., CA, CSFA yang menggantikan Ruben Artia Lumbantoruan M.Si, Ak., CA, ACPA, CSFA, ERMAP, CDCP, CertDA, CFrA, CSCU, CertIA beliau berpesan untuk memperkokoh keberadaan BPK di Provinsi Kalimantan Utara, dan memberikan kontribusi nyata dalam turut mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang lebih baik.
Pada akhir sambutannya, Anggota VI mengharapkan kepada para pemangku kepentingan BPK di Provinsi Kalimantan Utara, agar komunikasi dan kerjasama yang telah berlangsung secara baik, dapat terus terpelihara.