Libatkan CPNS, BPK Kaltara Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Bertempat di Auditorium BPK Kaltara, Senin 11 Juli 2022 diselenggarakan Sosialisasi Pelayanan Prima Frontliner, Penyeragaman Format Data Entitas Pemeriksaan (DEP), dan Pemanfaatan E-Drive DEP. Kegiatan yang merupakan inovasi dari program aktualisasi CPNS BPK Kalimantan Utara dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 11 s.d. 12 Juli 2012. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat struktural, pejabat fungsional pemeriksa, serta seluruh pegawai yang bertugas sebagai frontliner BPK Kaltara.

Pemaparan hari pertama oleh CPNS Mayaranty Kartawijaya terkait inovasi pelayanan prima dan dimoderatori oleh CPNS Theodesia Ika Roro Dewanti. Mayaranty menjelaskan fenomena berkembangnya kebutuhan pemangku kepentingan atas pelayanan publik BPK Kaltara sehingga diperlukan sosialisasi tata cara pelayanan prima bagi frontliner. Dalam sosialisasi tersebut, frontliner juga melakukan simulasi pelayanan publik untuk seluruh lapisan masyarakat termasuk penyandang disabilitas.

Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha Ajie Amiseno dalam sambutan acara tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan ini wujud komitmen BPK Kaltara untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. “Sesuai dengan Renstra BPK, kami harus membangun komunikasi yang efektif dengan seluruh pemangku kepentingan terutama masyarakat. Segala bentuk ketidakpuasan masyarakat atas pelayanan BPK Kaltara harus dimitigasi dan dilakukan perbaikan secara berkesinambungan. Kegiatan ini mendukung langkah kami untuk mewujudkan BPK Kaltara menjadi Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) kelak” ungkap Ajie Amiseno.

Pada hari kedua, Pejabat Fungsional Pemeriksa Muda Mashudi memaparkan penyeragaman format DEP. DEP adalah data terkini terkait entitas pemeriksaan (Pemerintah Daerah di Provinsi Kaltara) seperti struktur organisasi, kondisi keuangan, peraturan, dan data-data terkait pemeriksaan lainnya. “Penyeragaman format DEP bertujuan untuk menjamin keseragaman dan kelengkapan data entitas. Semakin lengkap DEP maka hasil pemeriksaan semakin berkualitas dan memberikan manfaat dalam mencapai tujuan negara. Selain untuk pemeriksaan, DEP juga dibutuhkan oleh pemangku kepentingan misalnya akademisi untuk keperluan riset” ucap Mashudi.

CPNS Bagus Dimas Putra juga memaparkan inovasinya yaitu pemanfaatan ­E-Drive  untuk menjamin DEP selalu terintegrasi dan terkini.  “Dengan inovasi ini, kami berharap DEP lebih mudah diakses dimana saja dan kapan saja” ungkap Dimas. Keseluruhan rangkaian acara pada hari kedua dimoderatori oleh CPNS Rizia Praja.

Pemeriksa BPK Kaltara menyambut baik inovasi tersebut. “Inovasi dari rekan-rekan CPNS ini adalah sebuah terobosan yang sangat membantu kami dalam mengelola DEP” ucap Pemeriksa Muda Fernando Silalahi. Mendukung hal tersebut, Kepala Subbagian Umum dan Teknologi Informasi Dwi Ferdiansyah akan terus memperkuat infrastruktur teknologi informasi guna mengembangkan inovasi ini.

Kepala Subbagian SDM, Ria Natalina mengungkapkan bahwa Program Aktualisasi CPNS adalah program yang dirancang untuk melatih CPNS agar mampu mempraktekan teori yang telah dipelajari, menyusun konsep, membuat suatu gagasan, dan merealisasikan kegiatan. “Aktualisasi dari rekan-rekan CPNS BPK Kaltara mengedepankan inovasi yang berfokus pada peningkatan kualitas pelayanan publik dan integritas pegawai. Hal ini sejalan dengan budaya kerja BPK Kaltara yaitu GENTAMU (Giat, Empati, Netral, Tegas, Assertif, Mandiri, dan Unggul” ucap Ria Natalina.