2022, Bantuan Sosial Tunai Ditiadakan

Koran Kaltara,
Kamis, 31 Maret 2022 | 0950 WITA

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Masih di tengah pandemi Covid-19, bantuan langsung tunai (BLT) masih berlanjut. Namun untuk bantuan sosial tunai (BST), diketahui sudah tak dialokasikan lagi oleh Kementerian Sosial. Bahkan tahun 2021, bantuan yang sama hanya sampai bulan Juni.
BST merupakan alokasi dari kementerian secara langsung, yang kemudian secara teknis disalurkan Dinsos di masing-masing daerah.

“Karena ini program langsung tanpa kita usulkan, kita hanya menerima kuota yang menerima bantuan. Tapi pastinya 2022 ini tanpa BST,” ungkap Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Dinsos Bulungan, Maylisias Wan.

Alhasil, saat ini pihaknya fokus pada pendampingan masyarakat yang membutuhkan.

Termasuk menyalurkan bantuan sosial berupa bantuan pangan sembako yang saat ini diganti menjadi bantuan pangan tunai atau disebut juga bantuan pangan nontunai (BPNT).

“Bisa jadi ini juga bagian dari pengganti. Kalau sebelumnya dalam bentuk sembako, saat ini dalam bentuk tunai, yang disalurkan melalui Kantor Pos. ini merupakan program reguler Kementerian Sosial,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, terdapat 4.400 keluarga penerima manfaat (KPM) dari bantuan Kemensos ini.

Penyaluran bantuan tahap pertama yakni Januari, Februari dan Maret sudah mulai disalurkan.

“Itu besarannya Rp200 ribu setiap KPM untuk setiap bulan. Bantuan ini diberikan selama 12 bulan dalam setahunnya. Pastinya untuk tiga bulan pertama di tahun ini sudah disalurkan,” urainya. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Nurul Lamunsari