Dalam rangka pelaksanaan pelayanan Eazy Passport atau pembuatan paspor jemput bola, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarakan mengunjungi BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara pada hari Kamis, 22 Juli 2021. Tercatat sebanyak 16 pemohon dari pegawai dan keluarga pegawai BPK Kaltara yang membuat paspor baru, dan enam orang mengajukan penggantian paspor.
Layanan Eazy Passport adalah salah percepatan layanan pembuatan paspor dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Seluruh proses permohonan paspor mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di lokasi kegiatan. Program pelayanan Eazy Passport menyasar komunitas besar seperti pegawai di perkantoran pemerintah/TNI/Polri/BUMN/BUMD/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi
“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kantor Imigrasi Tarakan atas layanan Eazy Passport nya. Disaat mobilisasi pegawai BPK Kaltara terbatas karena masa Pandemi, Kantor Imigrasi bisa jemput bola kekantor kami,” ungkap Kepala Perwakilan BPK Kaltara Arief Fadillah disaat memantau pengambilan data pegawai oleh petugas imigrasi.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarakan, Andi Mario, juga turut hadir memantau pelaksanaan kegiatan. “Saya sangat gembira melihat kegiatan Eazy Passport kali ini karena mendapatkan apresisiasi positif dari para pegawai BPK Kaltara. Saya juga bersyukut Kegiatan berjalan dengan lancar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarakan.
Dalam proses pelayanan paspor yang dilakukan, BPK Kaltara mendukung pihak Imigrasi untuk menerapakan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari penyediaan hand sanitizer, penggunaan masker, hingga menjaga jarak untuk semua pemohon yang datang.